Cara memperbaiki stopkontak roll yang tidak berpungsi








Stopkontak roll merupakan sarana kontak  arus listrik yang berbentuk bulat  dengan beberapa lobang steker yang dapat diputar sesuai kabel yang kita butuhkan panjang dan pendeknya dengan penyuplai satu steker ke sumber listrik.

stopkontak ini banyak digunakan disembarang tempat yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan daya listrik  dengan menarik kabel beberapa meter seperti dalam pekerjaan tukang  menggunakan bor,menggunakan komputer,jika ruangan tsb jauh dari stopkontak.

Sopkontak roll terbuat dari bahan plastik berbentuk bundar dengan  beberapa lobang steker yang didalamnya terdapat gulungan kabel serabut dan dilengkapi saklar lampu warna merah yang bisa ditekan pada bagian ON dan OFF nya serta dilengkapi  tangkai pemutar yang berpungsi untuk mengulur dan menarik kabel dengan satu steker yang natinya dapat dihubungkan pada stopkontak utama.

Untuk penggunaan stopkontak roll biasanya terjadi kendala jika terlalu lama dipakai dengan beban berat seperti penggunaan seperangkat komputer ,dispenser yang menyatu dalam stopkontak tsb mengakibatkan panas yang berlebihan mengakibatkan kabelnya cepat panas dan menimbulkan kebakaran yang pernah terjadi disalah satu kantor.

Untuk mengatasi permasalahan kita sesuaikan dengan beban yang seimbang sesuai hantaran kabel yang ada pada stopkontak roll tsb

Adapun langkah perbaikannya sbb :

A.Siapkan Alat dan bahan 

1.alat

a. tang potong 
b.Multitester
c.Obeng tespen
d. Obeng plus dan mines

2. Bahan 

a. isolasi
b.timah solder

B. Cara Service


1. Buka kap stopkontak.

 Buka menggunakan obeng plus pada bagian bawah kap stopkontak roll.




2. Lakukan pengecekan.




Lakukan pengecekan bagian saklarnya terutama kabel fase dan netral  dengan multitester kemungkinan ada yang tidak berpungsi dan bisa juga Saklarnya hangus sehingga tida menghantarkan arus bisa terlihat pada lampu ditektornya


3.  Pengecekan steker.




Kita cek bagian stekernya kemungkinan terjadi kerusakan akibat panas sehingga meleleh maka perlu diganti dengan steker yang baru agar kerja stopkontak tetap normal.

4. Cek bagian kabel.
 

Kabel yang digunakan jenis serabut bisa jadi terputus bisa dicek dengan multitester. Dengan menghubungkan 2 ujung kabel multitester pada kabel jaringan stopkontak yang diperkirakan putus.

Hanya ini saja artikel tentang cara memperbaiki stopkontak roll yang tidak berpungsi semoga rekan rekan pembaca dapat memperaktekannya di rumah sendiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi