Cara mudah perbaiki saklar lampu yang rusak

 


Saklar merupakan peralatan listrik yang digunakan sebagai alat pemutus dan penghubung arus listrik sebagai kontak lampu terutama pada instalasi penerangan rumah Adapun saklar yang kita pasang ada 2 jenis: 


* Pemasangan dalam.





Pemasangan dalam / inbaw adalah pemasangan saklar didalam tembok yang menggunakan pipa dan box yang ditanam.


* Pemasangan luar.




Pemasangan luar / out bow adalah pemasangan saklar/ kontak yang dilekatkan diluar dinding dengan pengunci sekrup baik dindin beton maupun Dinding papan.


Mekanisme bahan saklar Perlu diketahui dalam pembeliannya agar kualitas bahannya lebih tahan jika terjadi kerusakan akibat panas dan hangus. .saklar memiliki kekuatan mekanis yang tidak sama dengan yang lain tergantung bahannya sesuai Amper tentunya kita perlu yang bagus agar tahan dalam waktu lama,kecuali ada benturan.

Untuk memulai pekerjaan perbaikan  kita mulai dengan  menggunakan saklar luar / aotbow yang kebetulan saya sedang memperbaikinya. 

Adapun cara memperbaikinya seperti berikut

A  siapkan alatnya

1.obeng min atau plus

2 obeng tespen

3 tang kombinasi.

4. Isolasi


B. Cara perbaiki

Untuk melakukan perbaikan matikan arus listriknya dengan menurunkan MCB PLN.

1. lepaskan baut pengunci saklar 

Untuk melepaskan jenis saklar ini dengan mencokel menggunakan obeng pipih,lalu tarik agar terlihat bagian dalam saklar yang mau diperbainya.


2. lepaskan terminal saklar

Kendorkan baut terminal saklar nya menggunakan obeng lalu lepaskan kedua ujung kabel,mungkin sekrup terminalnya sudah rusak sehingga arus listrik tidak mengalir.


3. cek kondisi saklar.



 apakah tuas        pematiknya sudah terlihat hangus atau terjadi penyumbatan akibat dari debu dan binatang yang melekat dibagian tuas,jika masih bagus posisikan kembali baut pematiknya,lalu disetel mungkin ada yang bergeser atau nyangkut

4. Cek ulang

lakukan penekanan tombol / tuas saklar berulang2 sampai terasa normal.begitu juga cara perbaikan saklar yang jenis lain baik dalam maupun saklar luar/ tempel.

5. Aktifkan arus listrik.

Setelah semua normal lakukan penyaluran arus listrik dengan menghidupkan MCB pada meteran listrik PLN sekalian pasang bola lampu,apakah sudah menyala atau belum.

Hanya ini saja artike cara mudah perbaiki saklar tunggal semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk mempraktekannya dirumah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi