Cara hemat biaya Listrik kwh pasca bayar



jenis KWH pasca bayar


Diera teknologi yang semakin berkembang dengan kemajuan membangun sarana pembangkit listrik diseluruh indonesia sangat berpengaruh kepada kehidupan manusia dengan  menciptakan peralatan moderen sebagai penunjang aktifitas manusia dibidang perabotan rumah tangga yang menggunakan layanan listrik PLN.

Dengan banyak perabotan listrik dirumah kita tentunya harus kita siapkan biaya perbulannya untuk membayar tagihan listrik. Dalam hal ini tidak semua kalangan pengguna listrik mampu dengan mengikuti pola teknologi moderen yang serba listrik ,harus kita pikirkan kemampuan perbulannya.tetapi kita harus memiliki trik untuk tetap menggunakan peralatan listrik ini dengan cara menghemat beban listrik yang kita pakai sekarang. Adapun cara menghemat penggunaan perabotan listrik

1. Cek  seluruh kabel

ganti kabel yang sudah lama lebih 10 tahun dan jangan menggunakan kabel serabut yang dibebanin beban besar  lakukan pemasangan kabel yang standar dan di usahakan gunakan kabel yang lebih dari isi 2 saat pemasangan  komponen listrik beban listrik.  


2. Periksa sambungan

Sambungan sangat menentukan sekali sebagai penyaluran arus antar jaringan ke beban agar tidak mengalami hambatan besar.dengan pola sambungan :

a.  Saat menyambung searah jarum jam
b. isolasi agar tidak terjadi kebocoran arus listrik.
c. Sambungan jangan banyak bertimpa agar arusnya stabil.


3. stopkontak

Stopkontak merupakan bagian jaringan utama yang disalurkan secara langsung pada beban melalui steker, maka Gunakan stopkontak sesuai keperluan dan dipasang ground yang di tancapkan kedalam tanah apabila terjadi percikan api pada saat dihubungkan pada steker dan setelah selesai menggunakan beban cabut semua steker  agar listriktidak mengalir

4.. Gunakan lampu hemat energi.

Dengan pemakaian lampu hemat energi akan mengurangi besarnya biaya pembayaran rekening listrik, gunakan lampu hemat  energi jenis lampu LED dan seperlunya  dalam pemakaian lampu  tidak terlalu banyak.


5. penggunaan motor listrik dan pemanas listrik yang berlebihan

Perabotan rumah tangga yang menggunakan motor listrik dan pemanas listrik misalnya :


1.  Kulkas



merupakan peralatan pendingin yang menggunakan sistem kerja compresor yang di gerakan oleh motor listrik untuk menghasilkan suhu dingin, apabila setelan suhu terlalu rendah akan menyedot banyak arus listrik.selain itu juga jangan memasukan makanan yang masih panas dapat merusak kerja elemen pendingin yang menghambat suhu dingin pada lemari.


2.  Mesin cuci

Gbr. Mesin cuci
Mesin cuci adalah peralatan mencuci yang digerakan oleh motor listrik untuk menghasilkan putaran dan menghasilkan panas. gunakanlah pengering seperlunya jangan terlalu sering jika cuaca dirumah kita panas,cabut aliran listrik apabila sudah tidak dipakai


3.  Megicom / pemasak nasi
Gbr.Megicom

Megicom merupakan alat pemasak nasi yang menggunakan cara kerja element yang menghasilkan panas dalam waktu tertentu secara otomatis. Apabila hendak memasak Panaskan dulu beras  yang akan dimasak dengan air panas,agar pencapaian titik didih tidak terlalu lama.sehingga penggunaan arus listrik bisa dihemat.


4.  Setrika listrik
Gbr.setrika listrik otomatis
Setrika listrik merupakan alat pemanas yang dihasilkan dari elemen listrik yang berpungsi untuk merapikan pakaian agar tetap rapi tidak kusut,tetapi perlu gunakan setrika yang otomatis agar lebih hemat.

Jadi pengertian penghemat listrik adalah mengurangi pemakaian arus listrik penggunaan beban serta instalasi yang standar. hanya ini saja artikel yang singkat saya buat, agar bermamfaat bagi teman teman untuk mempraktekan dirumah sendiri.

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi