Cara pasang saklar 3 kutub yang sederhana

Saklar merupakan komponen listrik yang berfungsi sebagai alat pemutus dan penghubung arus listrik yang di gunakan secara manual untuk melayani lampu lampu penerangan yang tertera pada gbr dibawah ini untuk melayani 3 buah lampu ruangan.saklar yang digunakan sistem pemasangan dalam/Inbaw yang didalam terdapat kotak yang langsung dicor dengan semen sebagai tata letak saklar.  Dari semua jenis fungsi saklar tentunya sama saja tergantung dari kebutuhan banyaknya pemakaian beban misalnya penggunaan saklar tunggal, saklar ganda, saklar tukar, saklar kutub 3 dll


Gbr 1. Pemasangan kabel pada saklar 3 kutub

Dari semua jenis saklar seperti saklar tunggal,saklar ganda/seri,saklar tukar dlltentunya sama saja sebagai pemutus dan penghubung arus listrik namun berbeda pemasangannya ada yang didalam dinding dan ada yang diluar dinding,yang harus diperhatikan sebelum pemasangan cek dahulu posisi terminal untuk merangkai kabel instalasinya jangan sampai salah kadang terjadi hidup semua ada juga mati hidup tidak terarah,hal hal yang perlu diperhatikan buat dahulu sked rangkaian seperti gambar di bawah ini yang sederhana. terdapat kode F ( fase ), N (Netral ),S (saklar ),X (titik lampu)


gbr 2. skema pemasangan saklar 3 kutub



Cara pemasangan saklar 3 kutub yang kita siapkan adalah :
Alat :
1.tang kombinasi,
2.obeng plus dan mines,
3.pisau carter.

Bahan :
1.1 unit box saklar,
2.1 unit saklar,
3.kabel NYM 4x2.5mm secukupnya.

langkah langkah pemasangannya sebagai berikut :

a.  Masukan kabel ke dalam pipa dengan ukuran kabel 4x2.5mm

b.  Kupas bagian kabel power warna biru,masukan keterminal di jemper dengan terminal lain dengan sejajar.

c.  sambungkan kabel warna lampu hitam, kuning dan merah pada  masing masing terminal yang masih kosong.

d.  Kunci semua baut terminal dan tutup serta disekrup bagian saklar tsb.

Gbr 3. penarikan jalur utama saklar 3 kutub pada sekering MCB

e. Setelah semua terpasang tutup dan rapatkan dengan penutup saklar agar rapi. hidupkan arus utama dengan menaikan kontak sikring/MCB.

Hanya ini artikel yang bisa saya buat agar teman teman yang belum paham cara pemasang saklar kutub 3 dapat memahaminya dan bisa dipraktekan dirumah dengan jumlah lampu 3 buah terserah mau jalur apa saja yang penting bisa memasangnya.

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi