Perbaiki tegangan 3 fhase sederhana

Gbr gardu trafo jaringan 3 fase


Tegangan listrik merupakan beda potensial  antara arus listrik dan tahanan yang  menimbulkan elektromagnetik sehingga menghasilkan tegangan dengan satuan volt dengan rumus  V = I X R.
R=V/I.    I =V/R
disini jelas bahwa tegangan sangat mendominasi arus listrik.

Tegangan berpungsi untuk membangkitkan medan magnet pada beban dengan menggerakan motor  motir listrik, lampu penerangan dan perangkat elektronika berdasarkan kafasitas tegangan beban yang terpasang pada lebel perangkat tsb.artinya tidak semua tegangan bisa dipakai tergantung kapasitas kalo keliru akan mengakibatkan patal pada beban.

Merencanakan instalasi listrik yang mudah
Gbr 2. Ilustrasi kwh 3 fase


Adapun cara memperbaiki tegangan 3 fase yang berada di rumah pribadi atau dikantor dengan Tip mudah sbb.  :

1. cek menggunakan multitester

pada panel utama RSTN baik jaringan PLN atau jaringan instalasi,apabila terjadi masalah diantara R atau S danT cukup periksa salah satu kemungkinan pincang berbahaya sekali pada motor 3 fhase.

2. cek instalasi grop yang dicurigai

Jika terdapat tegangan RSTN turun lakukan pengecekan pada setiap jalur RSTN pada beban,contoh motor motor listrik, misanya AC, kulkas, mesin pompa mesin cuci, dan Lakukan pengecekan instalasi jaring bangunan tsb.

3. lakukan pembenahan / servis :

Servis disini ada 2 item:

1. servis instalasi
Servis instalasi adalah membenahi kabel dan sambungan yang kurang baik atau juga banyak kabel yang shot atau tingkat isolasinya rendah klo pake tespen  keduanya nyala semua,perlu penggantian kabel baru.dan jangan lupa semua sambungannya dibenahi serta di isolatif dengan benar agar arus listrik aman dari percikan api.

2. servis beban listrik
Semua beban listrik yang terpasang yang menggunakan stopkontak dipasang kabel ground atau pembumian dengan kabel standar biasanya jenis BC yang ditanam dekat panel.agar semua dicek seperi kulkas, mesin cuci ,AC , dan lain lain.karena terdapat kekuatan mekanis bagian motornya  ada coil/gulungan  yang bermasalah,kadang nyetrum pada bagian bodi mesinnya.

Setelah semua dicek dan diservis lakukan pengecekan ulang pada panel induk, apabila terjadi masalah pada RSTN jaringan PLN segera laporkan pada bagian gangguan jaringan. agar cepat di atasi.

 Hanya ini saja artikel yang bisa saya ceritakan dengan memafarkan sedikit pengalaman,semoga dapat bermamfaat bagi rekan rekan untuk mempraktekan dirumah atau dikantor anda sendiri.

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi