4 cara mengamankan arus pendek


gbr1.terjadi arus pendek

Bahaya kebakaran sering terjadi dimana saja, terutama pada bangunan atau rumah tinggal terutma yang di aliri listrik sering terjadi  hubungan singkat / pendek yang disebabkan kabel  panas dan pengaman MCB tidak bekerja menyebabkan kabel terbakar.

Untuk mengantisipasi terjadi hubungan singkat tanyakan pada teknisi listrik yang paham arti  instalasi listrik yang melayani beban besar dari umur kabel.dan diameter kabel yang cocok.

pengertian arus pendek adalah terjadinya panas yang berlebihan pada penghantar kabel dan pengaman MCB tidak bekerja sehingga arus pada penghantar membakar isolasi kabel tsb  maka keluarlah percikan api yang disertai asap tebal.

Arus pendek terjadi karena :

1. kabel instalasi tidak standar 

Dengan lamanya usia kabel sangat berpengaruh terhadap daya hantar arus ke beban akan terjadi          MCB sering jatuh dengan  pemakaian beban penggerak yang daya listriknya besar tidak seimbang dengan kabel            penghantar akan menyebabkan kabel cepat panas 

2. kondisi sambungan

Banyaknya sambungan yang kurang rapi  berbahaya jika terjadi beban lebih akan menimbulkan percikan api yang nantinya akan membakar sekitar sambungan tsb sekumpulan sambungan tidak diisolasi jika ada hewan akan terjadi konslet bahkan timbul asap

3. kondisi MCB.

MCB  merupakan alat pengaman arus listrik yang perlu diwaspadai jika Mcb sering mengalami anjlok di akibatkan adanya konsleting listrik akan cepat rusak sehingga tidak berpungsi sebagai pengaman arus.

4. kelalaian manusia

Pada saat meninggalkan kadang lupa mematikan perangkat listrik yang masih stambai misalnya lampu yang terlihat hitam berarti tanda mau putus, jika terjadi tegangan tidak normal lampu tersebut akan meletup saat jatuh mengenai tempat tidur dan membakar kasur tsb...

seperti dispenser yang masih hidup kondisi manaskan air ternyata galon kosong, cepat atau lambat akan terjadi  meleleh pada bagian body pemanas dan akan menimbulkan kebakaran.

Menyambung diluar KWH meter sangat berbahaya karena arus yang mengalir sama dengan arus pada jaringan JTR sementar kabel instalasi dirumah kita ukuranya jauh lebih kecil dari arus utama jelas kabel cepat panas.

Hanya arikel ini yang bisa saya buat semoga dapat bermamfaat bagi teman teman pembaca bagaimanan cara memadamkan api akibat arus pendek.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi