Cara pemasangan panel 3 fase sederhana






Adapun penggunaan panel pada jaringan instalasi listrik terbagi 2 bagian yaitu 1 fase dan 3 fase tergantung kebutuhan beban yang digunakan dengan jumlah daya besar atau kecilnya yang dipasang. 

ukuran daya dibwah 5000 Watt cukup menggunakan panel yang sederhana sedangkan diatas 600 watt digunakan jenis panel yang lengkap dengan ukuran yang cukup karena banyak perangkat didalamnya  seperti breaker,MCB,trafo arus ( CT ) bar netral dan bar ground dengan kabel utama 4x6 mm yang digunakan untuk jaringan instalasi 3 fase yang ditempatkan pada bangunan besar berdaya listrik besar juga seperti gedung bertingkat, pabrik ( yang menggunakan motor listrik ), rumah mewah (yang banyak fasilitas AC nya ),stadion olah raga dll.

Panel 3 fase Sering dikaitkan dengan kebutuhan daya besar pada banyaknya beban. sehingga perlunya alat kontrolyang lengkap / panel kontrol yang tanpak pada gambar dibawah lengkap dengan lampu indikator, alat ukur,selector switch dll yang semua itu sebagai penunjang pengaman apabila terjadi masalah listrik pada bangunan tersebut.


Dalam pekerjaan pemasangannya tidak bisa dikatakan gampangperlu ketelitian agar tidak terjadi induksi yang mengakibatkan bahaya strom, nah nisini saya akan membahas bagaimana cara pemasangan panel 3 fase yang sederhana dipakai pada instalasi penerangan dengan daya 10 KW, sebelum kita melanjutkan pekerjaan pemasangan panel 3 fase kita siapkan denah posisi tata letak dan alat yang akan kita gunakan untuk pemasangan


gambar rakitan panel 3 fase

A. Alat :
palu, bor tangan, carter, tangscon, tangkombinasi, kunci sok, multitester, isolasi 3 warna, sekrup / baut, picer dan lain lain.

B. Bahan :
seperangkat box panel 3 fase lengkap

C.Cara pemasangan panel 3 fase  :

a. ukur posisi panel dari lantai 175 cm
tandai dinding yang akan dilubangin menggunakan bor untuk dibaut, letakan posisipanel pada dinding yang dilubangin dan kunci dengan baut / sekerup

b. setelah panel terpasang masukan kabel utama dari kwh 4x10 mm, 
kupas ke empat ujung kabel tersebut dan masukan ke terminal RST pada bagian input breakernya lalu kunci dengan kunci sok.

c. kupas kabel ukuran 4x10mm 
sambungkan pada terminal aotput dengan membuka baut pada breaker tersebut kemudian masukan ketiga ujung kabel RST pada masing masing group Mcb yang dipasang 3 jalur group.

d. Setelah posisi kabel R S T terpasang pada masingmasing group MCB 
masukan kabel dari masing masing beban instalasi dengan ukuran 3x2.5 mm perMCB,jika ada penambahan jaringan sambungkan dengan jalur spert/cadangan.

e. untuk netral warna biru dari kabel utama KWH digabung dalam satu terminal bar netral. begitu juga Netra dari masing masing beban instalasi digabung semua pada satu bar netralSedangkan ground kode warna kuning kehijauan digabung dengan jalur ground utama KWH pada terminal bar  ground,yang biasa dipasang pada pojok sudut panel.

f. Untuk kabel Ground/Pembumian digabung jadi satu tepat dalam bar 
seperti ground kabel utama dari Kwhmeter dan ground dari instalasi beban

g. pemasangan kabel ground/pembumian 
menggunakan kabel jenis BC 50mm dengan kabel root yang ditanam dengan ketahanan pentanahan 0.5ohm disatukan dengan kabel BC yang dijepit menggunakan ceka  yang berbaut

periksa kembali semua terminal pada masing masing perangkat dalam panel tersebut, jika ada baut terminal yang masih kendor segera dikencangkan menggunakan kunci pas,periksa bagian kabel keseluruhan di kawatirkan ada yang luka akibat gesekan dengan seng saat memasukan kabel Hanya ini saja artikel yang bisa saya buat tentang cara pemasangan panel3 fase yang sederhana agar bermamfaat bagi pembaca untuk mempraktekannya.


Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi