Cara pemasangan ground stop kontak


listrik merupakan sumber energi yang membangkitkan perangkat pengguna teknologi seperti penerangan,menggerakan motor motor listrik ,perangkat elektronika dll namun jika terjadi lonjakan tegangan perangkat tersebut pastinya rusak ,bagaimana mengatasi bahaya tersebut perlulah dipasang penangkal petir yang membuat tegangan tidak stabil yaitu ground atau disebut pembumian jangan heran setiap produk listrik yang dipakai selalu dilengkapi terminal ground dengan kode warna kuning kehijauan gunanya mengantisipasi lonjakan arus lebih pada peralata tsb .namun bagamana meneruskannya pada instalasi yang dipasang pada stopkontak.






Arde/Ground yang biasa disebut pentanahan/pembumian merupakan alat pengaman beban seperi pengamana peralatan alat alat listrik  misalnya  pompa air,mesin cuci, perangkat elektronika AC,dll.yang dipasang pada terminal stopkontak  yang dimasukan atau ditancapkan ke dalam tanah,dengan menggunakan besi ground.
biasanya pemasangan ground dipasang pada stopkontak diposisi terminal tengah

bagaimana cara memasangnya jika jalur stopkontak hanya 2 kabel saja, caranya sangat mudah dengan menanam kabel tunggal ketanah diperkirakan cukup mencapai kelembaban tanah dan ujungnya di masukan pada terminal ground
stopkontak tsb. Ingin lebih jelasnya kita kerjakan satu persatu.

A siapkan alat dan bahan

1 tang kombinasi,
2 pisau carter
3.obeng
4.seperangkat kunci pas

B. bahan
1. kabel NGA warna kuning atau kabel BC
2. besi ground dari tembaga
3. ceka 
4. pipa pvc

B.langkah kerja


1.  untuk melakukan pekerjaan cek kondisi tanah dari kelembabab jika ada Merger bisa diukur berapa hambatan pentanahan tsb, tapi 

2. setelah diketahui tingkat kelembaban tanah tancapkan  besi elektroda yang diyakini tingkat kelembaban tanah sangat tinggi dengan palu dan masukan ceka pada besi elektroda tsbt  yang disatukan dengan kabel NGA. atau kabel BC.

3. setelah selesai teruskan dengan membuka box stopkontak gunakan obeng buka bagian ceka masukan kabel NGA yang dikupas dan kunci dengan sekerup.

hal hal yang perlu diperhattikan dalam pemasangan ground ukur kelembaban tanah mencapai 0.2ohm maximal 0.4 ini sudah bagus sekali klo dalam pemasangan instalasi yang sudah terlanjur tidak dipasang groun kita bisa pasang pada setiap stopkontak dan saya yakin teman pembaca bis melakukannya.

hanya ini saja artikel tentang pemasangan arde/ground yang sederhana jika stopkontak dirumah anda tidak terpasang oleh instalatir lakukan sendiri demi keamanan perangkat listrik dirumah anda,  semoga rekan rekan bisa memasangnya dirumah sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi