Cara pemasangan lampu TL LED pada platforn

gbr. lampu TL LED

Lampu merupakan peralatan yang menghasilkan cahaya penerangan saat di aliri arus listrik. yang di tujukan pada bidang kerja baik luar maupun dalam tergantung penggunaanya misalnya untuk penerangan rumah tinggal,kantoran,mall (pusat pembelanjaan),hotel penerangan taman dll. banyak menggunakan lampu yang beragam, untuk pembahasan cara pemasangan lampu penerangan yang menggunakan jenis lampu TL (tabung floresen) yang berwarna putih.

Setelah sekian lama digunakan ada model terbaru yang lebih hemat yaitu lampu TL LED panjang, jenis lampu ini tidak menggunakan balast dan starter, hanya menggunakan rangkaian elektronik yang menggunakan komponen arus dioda untuk di pancarkan pada tabung floresent yang menghasilkan cahaya terang, jelas penggunaannya listriknya lebih irit.




Beberapa lampu jenis lampu TL LED yang banyak  dipasang untuk keperluan penerengan ruangan yang cukup luas banyak dipasang di supermarket atau minimarket  dan penggunaan lampu TL LED  cuku hemat energi dari biaya rekening setiap bulannya. perangkat didalamnya tersedia tabung , rangkaian elektromagnetik dan dioda yang dipantulkan pada tabung yang menghasilkan cahaya terang,sangat cocok untuk dipasang pada tempat usaha.



Adapun cara pemasangannya tidak sulit sama dengan lampu TL biasa .dengan memasang pada platform dan menyambungkan denga arus listrik, langkah yang harus dikerjakan  adalah sbb :

A. Siapkan alat dan bahan

1. Alat
a. Tang kombinasi
b. Obeng plus dan mines
c. Pisau carter
d. Palu

2. Bahan
a. 1 set lampu TL LED
b. Isolasi
c. Sekerup secukupnya.

B. cara pemasangannya

1. ukur luas platforn dengan kap lampu TL 
berapa luas ruangan platforn dengan kap lampu menggunakan tali untuk ditandai agar penempatannya rapi perbarisnya

2.Pasang lampu TL LED pada platform dengan sekrup
setelah mengetahui berapa ukuran yang ditandai lakukan pemasangan kap lampu TL tsb dengan mengunci pakai sekrup

3. Sambungkan soket pada terminal lampu LED
setelah kap lampu TL terpasang masukan soket pada bagian tepi pada lampu tsb serta ujung kabelnyadi naikan kedalam platforn

5. Sambungkan kabel lampu LED dengan jaringan instalasi.
setelah semua soket terpasang pada masing masing lampu TL LED yang dinaikan dalam platforn ,lakukan penyambungan dengan instalasi

6. pemasangan lampu pada kap lampu TL LED
pasang semua lampu pada masing masing kap yang sudah terpasang,jangan sampai ujung soket bohlam lampu tidak pas.

7. menghidupkan lampu dengan arus listrik
Setelah semua terpasang hidupkan arus listrik dengan menyalakan arus utama pada sekering.dengan menyalakan pada masing masing sakelar

Hanya ini saja artikel yang bisa saya buat tentang cara pemasangan lampu TL Led semoga rekan rekan pembaca dapat memperaktekannya di rumah sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi