Cara memperbaiki lampu sorot halogen

Gbr 1. Lampu sorot HPL 1000 wat

Lampu HPL adalah jenis lampu tembak yang sering dipasang di lokasi tempat kegiatan dimalam hari atau biasa juga di tempatkan dilapangan olah raga, pasar malam yang memungkinkah cahaya yang cukup terang  untuk aktifitas malam, penempatan lampu ini dipasang menggunakan tiang listrik yang didesain sebagai lampu tembak.

jenis lampu HPl ini sangat tahan terhadap cuaca maka banyak dipasang di areal terbuka,  perlu diketahui lampu jenis ini klo sudah lama akan  mengalami kerusakan juga secara mekanis terutama dibagian dalam terutama bagian trafonya.



Untuk mengetahui kerusakan kita siapkan peralatan untuk mengecek sbb

A. Alat
a. Tangkombinas
b. Tang potong
c. Obeng plus dan mines
d. Multitester

B. Pengecekan dan service

1. Buka kap lampu HPL.


Dengan membuka kap lampu HPL dapat diketahui susunan jaringan dalamnya yang akan kita ketahui penyebab lampu tersebut tidak menyala.


2. Periksa lampu HPL



Dengan memeriksa bagian dalamnya,kemungkinan ada lampu yang putus,bisa dicek menggunakan multitester nyambung atau tidaknya lampu tersebut.


3.  Periksa kondisi trafo Hpl



 

Dengan memeriksa bagian trafonya tidak menutup kemungkinan ada kerusakan pada trafo terutama pada bagian  terminal  listriknya  yang udah berkarat sehingga kabel terputus.


4. Periksa bagian komponen dalamnya




Kita cek bagian komponennya,biasa terjadi pada bagian cafasitornya yang sudah ngembang berarti kerusan terdapat pada cafasitornya ,untuk itu perlu di cek menggunakan multitester  nyambung atau tidaknya.

Setelah semua diperiksa dengan hasil pengecekan ganti jika ada perangkat yang rusak, apabila kondisi terminal berkarat ganti dengan yang baru,bisa langsung disambung dan lakukan tes dengan multi apa normal atau belum,lakukan penyalaan darurat hidup atau tidak.

saya rasa cuma sampai disini saja cara memperbaiki lampu sorot halogen,mudah mudahan rekan pembaca dapat memperaktekannya dirumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi