Cara menyambung kabel listrik tanpa dimatikan

melakukan cek sumber arus sebelum penyambungan


Dalam pekerjaan pemasangan instalasi listrik tambahan yang dilakukan adalah mematikan  sumber arus listrik sesuai aturan keselamatan kerja yaitu mematikan arus utama pada sekering, agar aman dari bahaya stroom, begitu juga dengan pemasangan baru yang dilakukan para pekerja instalasi yang di utamakan keselamatan.

Namun dilapangan kadang berbeda dengan kondisi rumah yang sedang ada aktifitas atau acara kadang diminta untuk pemasangan tambahan instalasi,tidak mungkin kita matikan langsung misalnya ada pekerjaan di toko,dirumah sakit,bangunan kantor, ada acara selamatan dll.

pekerjaan pemasangan tambahan beban baru seperti lampu dan stopkontak dengan kodisi listrik yang masih hidup dikerjakan dengan hati hati penuh perhitngan dengan memasang steker atau colokan yang tidak berisiko nah bagaimana jika bahan tsb tidak ada dirumah kita dan jauh dari toko listrik tentunya perlu menunggu waktu perjalan untuk membeli steker yang segera dipasang.

untuk rekan rekan teknisi listrik tidak terlalu sulit hal itu bisa dilakukan  langsung menyambung kabel yang berarus listrik, tapi bagaimana caranya apalagi kita yang masih awam dalam penyambungan langsung tanpa dimatikan arus utama/induk pada miniatur circuit breaker (Mcb).

Adapun Langkah yang harus diperhatikan dalam pekerjaan  instalasi tambahan adalah  sbb :


A. Siapkan Alat dan bahan

1. Alat

a. Tang kombinasi
b. Obeng plus dan mines
c. Obeng Tespen

2. Bahan

a. Kabel ukuran Nym2x2.5 mm
b. Paku claim secukupnya
c. Isolasi

B. Trik penyambungan tanpa mematikan listrik pada Miniatur Circuit Breaker (MCB)

a. Lakukan pemasangan instalasi tambahan 
seperti dengan memasang kabel, sakelar dan fiting lampu dengan paku kabel

b. Setelah semua sambungan berkumpul,
lakukan penyambungan dengan cara  memasang sambungan saklar dengan lampu pada posisi kabel arus balik nantinya, kalo ragu gunakan tespen agar mengetahui mana yang Netral dan beraarus

c. lanjutkan dengan menyambung netral dari lampu ke neteral utama.
untuk penyambungan netral saluran utama tidak berarus / kosong  dengan mengendorkan pelintiran sambungan dan menyatukan terikan kembali dan balut menggunakan isolatif

d. Yang terakhir sambungan arus utama
setelah selesai pemasangan instalasi lakukan penyambungan menggunakan tang kombinasi yang bagus tidak bocor dengan mengendorkan pelintiran kabel berarus dan menyatukan sambungan  baru kencangkan sampai rapat dan dibalut dengan isolasi. 

kesimpulan dari pada penyambungan tersebut utamakan sambung dulu bagian yang tidak berhubungan langsung dengan arus listrik, pada  bagian netralnya dengan sumber netral utama. dan sambungan yang berarus dengan cara menimpa pada bagian sambungan instalasi kabel utama artinya terakhir disambung.Hanya ini saja artikel tentang penyambungan kabel dalam keadaan hidup,agar teman teman bisa memperaktekannya dirumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi