komponen panel 3 fase yang sederhana




Dalam penyuplaian arus listrik mulai dari pembangkit sampai ke instalasi di haruskan menggunakan panel sebagai alat pendistribusian pengaman dan sumber arus listrik kebeban instalasi.

Panel 3 fase juga memiliki kelebihan apabila terjadi tegangan droop pada salah satu jaringan maka akan tanpak dari jarum penunjuk tegangan sehingga kita bisa mengatisipasi perbaikan jaringan serta mengetahui beban arus yang terpakai di antara 3 jalur/len tsb sehingga dapat diketahui pemakaian beban dengan melihat jumlah Amper.

ingin lebih jelasnya kita sama sama memberikan informasi seputar panel agar teman teman dapat mengenal tentang panel listrik sbb :

Komponen panel terdiri dari :

1. Circuit breaker 3 fase


Circuit breaker merupakan komponen saklar 3 fase sebagai  pemutus dan penyambung secara otomatis jika terjadi beban lebih yang menyuplai arus utama yang di salurkan pada masing masing  Miniatur circuit breaker( MCB).

2. Kabel penghubung

Kabel pemghubung yang dirakit pada terminal IN pada beraker yang berdiameter 3x6 mm yang disalurkan pada Bar tembaga yang dihubungkan pada masing masing MCB grop 3 fase.

3. Terminal  tembaga

Terminal  tembaga/ Bar adalah komponen tembaga  untuk penyimpan semua kabel Netral dan ground mulai dari jaringan utama sampai ke jaringan instalasi yang ditempat beberapa terminal yang dipasang pojok kiri dan kanan.

4. CT atau coil trafo

CT merupaka komponen terafo yang bekerja sebagai hantaran induksi magnet dari arus 3 fase yang ujung kabelnya dihubungkan pada pengukur tegangan letak CT  dipasang antara Breaker dan MCB seperti cincin yang di lewati tembaga berarus dari breaker  ke MCB 3 fase dengan kabel CT yang dihubungkan ke alat ukur tegangan RST

5. Penditeksi tegangan.



Komponen ini merupakan alat ukur Penditeksi tegangan dengan kelengkapan jarum penunjuk  yang di lekatkan pada luar panel.


6. Lampu indikator

Lampu indikator merupakan lampu penanda pada jaringan RST yang berpungsi untuk mengetahui arus listrik mengalir atau tidak yang ditempatkan diluar panel.seperti R merah,S kuning,T hijau jenis lampu indikator yang terasang diluar panel


7. Grop MCB 3 fase.

Group atau pengelompokan Mcb yang dilekatkan pada rel ceka yang dibagi 3 jalur R( atas )S (tengah ) dan T (bawah). ketiga group ini masing masing melayani beban langsung


8. Swicht conector


Switch conector merupakan komponen panel yang dilekatkan diluar panel yang berpungsi mengetahui nilai tegangan yang masuk dari jaringan PLN mulai dari R ke S dan T dengan memutar selector tsb.


9. Kabel utama 

Untuk kabel utama dari Kwhmeter tergantung daya yang diperlukan misalnya menggunakan daya sebesar 10.000 watt berarti ukuran kabel 4x 6 mm dan 4x 10mm



10. kabel BC /ground

kabel BC ground merupakan kabel ground yang dipasang di bawah panel yang di tanam ke tanah dengan ukuran 50mm yang diselubungi pipa pvc

Setelah semua terkumpul dan mengerti kegunaannya dipastikan bisa merakitnya,semoga sajian ini bisa bermamfaat bagi rekan rekan untuk diperaktekan di lokasi kerja yang berkaitan listrik 3 Fase.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi