Tips hemat dari Perangkat listrik rumah tangga




Setiap pelanggan listrik tentunya menginginkan penghematan biaya tetapi tidak bisa di pungkiri karena banyak pemakaian yang sesuai dengan kebutuhan setiap hari.namun disaat tertentu kadang mengeluh naik turunnya biaya listrik perbulannya.

sekarang kita kaji tentang peralatan listrik yang banyak menggunakan arus listrik besar. apalagi disaat menjelang hari besar, hajatan biasanya terasa saat membayar rekening listrik perbulannya. disini saya akan menjelaskan peralatan atau perabotan rumahtangga yang memboroskan biaya listrik :

1. Mesi cuci
Dalam penyuplaian arus listrik terhadap mesin cuci cenderung besar karena menggerakan motor listrik dan pemanas listrik untuk mengeringkan pakaian,jika dilakukan setiap hari sebulan akan terasa besar dalam biaya listrik.

2. Air Condition atau AC

Ket gbr. AC split

AC merupakan alat pendingin yang digerakan oleh motor listrik untuk memompa zat amoniak untuk menghasilkan suhu dingin. jika amoniak habis motor listrik tetap bekerja tentunya dapat memboroskan arus listrik.

3. Open listrik
Open listrik adalah alat pemanas untuk membuat kue dengan cara kerja elemen listrik dengan suhu panas tertentu tentunya banyak memakai arus listrik dalam proses pengeringan.

4. Pompa air
Pompa air listrik merupakan alat penyedot air dengan menggunakan motor listrik dengan jangkau tertentu jika penggunaan kabel tidak standar serta menggunakan steker tanpa saklar/Mcb terlalu rutin dapat menguras energi listrik yang besar sehingga dapat memboroskan biaya pengeluaran listrik.

5. penggunaan lampu
Jika penggunaan lampu berlebihan tanpa diatur penggunaannya dapat memboroskan listrik, maka gunakan lampu hemat energi.

6. Mixer
Mixer merupakan peralatan listrik yang digunakan untuk melembutkan adonan tepung dengan menggunakan motor listrik untuk memutar pisau pengocok dengan menggunakan saklar on dan off, jika terlalu sering itu dapat memboroskan listrik.

Jadi masih banyak penggunaan perabotan rumah tangga yang menguras bayak biaya listrik dalam pemakaiannya.itu semua perlu penghematan dalam perawatan alat rumah tangga listrik.

Sampai disini saja artikel yang saya buat semoga rekan pembaca dapat lebih bijak dalam penggunaan perabotan rumah tangga yang menggunakan arus listrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi