Cara menggunakan obeng tespen



Obeng Tespen merupakan obeng pengetes arus listrik  yang dilengkapi lampu indikator yang digunakan pada kabel penghantar ada tidaknya arus listrik.

Obeng tespen terdiri dari selongsong plastik yang dirancang tahan terhadap arus bocor yang di dalamnya terdapat Pius lampu,batu,per dan besi dan penghantar kontak listrik.

sangat cocok digunakan untuk memastikan adanya stroom,bentuk tespen seperti pulpen atau obeng yang mudah dibawa kemana mana jika ada perbaikan listrik.

A.     Kegunaan obeng tespen

1. untuk mengecek ada tidaknya arus listrik pada kabel penghantar yang ditandai lampu indikator.

2. bagian ujung obeng tespen bisa digunakan untuk mengencangkan dan  membuka sekerup disaat service baik membuka stopkontak atau saklar dll.

B. Cara menggunakan obeng tespen 


1. pegang  pangkal tespen.

Untuk memulai pengetesan menggunakan tespen pada bagian stopkontak diusahakan tespen digenggam dan ujung jempol ditempel pada ujung kepala tespen karena tangan kita netral sehingga lampu tespen menyala

2. arahkan tespen ke stopkontak.

Pada posisi tangan memegang tespen dengan jempol menyentuh kepala tespen masukan ujung tespen pada stopkontak,mengetahui ada muatan atau tidak.

3. cek lampu indikator pada tespen.

Lampu indikator akan menyala jika cara diatas benar sehingga lampu indikator tespen akan menyala jika stopkontak ada muatan.

Hanya ini saja artikel cara menggunakan obeng tespen agar pembaca bisa menggunakannya  untuk mengecek ada tidaknya arus listrik pada penghantar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi