Pungsi grounding pada instalasi dan elektrionika


penanaman ground untuk  instalasi


Grounding atau biasa disebut pentanahan merupakan peralatan pengaman yang dipasang pada body perangkat, stopkontak, sekering dll  yang menggunakan kabel warna kuning kehijauan dan kawat tembaga BC yang ditanam menggunakan tembaga elektroda dengan kedalaman yang diukur berdasarkan merger/mega ohm.

grounding berpungsi sebagai pengaman dari tegangan lebih yang di akibatkan kebocoran arus dan terjadi lonjakan bunga api serta penangkal petir yang mendadak.
Gronding selalu dipasang disekitar perangkat eloktronik dan beban yang dipasang pada stopkontak dan panel sebagai sarana pendukung pengaman

grounding sangat sensitif terhadap tegangan lebih dari percikan bunga api misalnya saat menghidupkan tivi steker berapi secara otomatis ekor api akan tertarik ke bumi begitu juga petir disaat percikan bunga api dari petir akan terbuang sehingga peralatan instalasi dan elektronika Aman.

Dalam pekerjaan pemasangan ground untuk instalasi dan perangkat elektronika tidak terlalu sulit jika dibandingkan pemasangan listrik industri. disini hanya cara menanamkan elektroda kedalam tanah dengan titik lembab dan berair.dalam pekerjaan pemasangan harus menggunakan peralatan lengkap terutama alat pengukur pentanahan yaitu merger/megaohm klo ada, untuk mengetahui titik kelembaban dengan satuan Ohm...
Adapaun cara pemasangannya

A siapkan alat dan bahan

1. Alat

a. Palu
b.kunci pas
c. Tang kombinasi
d. Merger klo ada

2. Bahan

a. 1 batang elektroda
b. Ceka/kuku macan
c. kabel Bc
d. Pipa pvc

B. Langkah pemasangan

a. Tancapkan batang elektroda pada permukaan tanah yang lembab sampai dalam.Pasang cincin ceka pada batang elektroda

b. Masukan kabel BC pada ceka cincin yang  melekat pada elektroda, kencangkan baut ceka tsb dengan kunci pas

c. Rapikan dan masukan kabel BC pada pipa pvc agar rapi yang disalurkan kedalam panel instalasi.

Setelah semuanya beres ratakan ujung elektroda dengan palu untuk dicor pada permukaan tanah serta pasang kleim pada pipa pvc agar rapi dan aman bila terjadi tegangan lebih dari anak anak yang bermain disekitar ground.

Hanya ini saja artikel tentang penggunaan grounding untuk instalasi elektronika,semoga rekan rekan dapat mempraktekan dirumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi