Pemasangan instalasi pentas sederhana


Pentas atau panggung merupakan sarana para seniman untuk menampilkan pagelaran seni dan budaya yang disaksikan banyak penonton misalnya band, tarian, drama, teater dan lain lain.

Dalam pementasan tentunya perlu penerangan yang menarik agar penonton tanpak jelas melihat penampilan pemain dengan kerlap kerlip lampu dekorasi yang mengiringi alunan musik agar penonton terpukau dengan penataan lampu lampu dekorasi .

Lampu dekorasi merupakan sarana pencahayaan yang didesain atau diatur untuk menimbulkan efek panggung yang berkesan meriah dengan kelengkapan lampu lampu dekorasi yang diatur. Untuk instalasinya kita pakai yang manual saja agar bisa dipraktekan.

Cara pemasangan instalasinya sama dengan instalasi penerangan bedanya  cara pengoprasiannya saja tidak permanen sedangkan instalasi penerangan rumah cara pengoprasiannya tetap. Disini saya akan menjelaskan cara penyambungan istalasi dekorasi pentas yang sangat sederhana :

A.  buat gambar

1.hitung jumlah keseluruhan titik dan daya lampu  dipentas
2.jeni kap lampu yang akan dipasang
3. Siapkan kabel yang standart
4. Siapkan box panel yang terdiri dari Mcb, saklar dan tombol

B.  alat dan bahan

1. Tangkombinasi
2. tang lancip
3. obeng plus dan mines
4. Pisau carter
5. Multitester
6. Palu

C.  lakukan pekerjaan

1. Pasang semua kap lampu sesuai gambar

2. Sambungkan kabel pada sejumlah titik lampu dibagi beberapa grop,misanya lampu atas buat 3 grop,lampu bawah 3 grop dan lampu pentas 1 grop untuk 2 titik lampu neon.

3. Setelah semua terpasang, sambungkan pada masing masing grup saklar dan tombol dalam satu box oprator bisa juga digabung dengan amplifier agar seirama dengan musik

4. Lakukan penyambungan kabel induk Pln dan Mcb pada box oprator.disini kita hitung  jumlah daya keseluruhan lampu agar mengetahui ukuran MCB induk.

D.  periksa

Periksa kembali setiap sambungan dan kabel grop dengan multitester agar tidak terjadi konslet.
Setelah semua terpasang dan aman dari konslet lakukan penyalaan dengan mengaktifkan Mcb.

Hanya ini artikel yang bisa saya buat untuk rekan pemula agar bisa dipraktekan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi