Cara mengoprasikan stopkontak dengan saklar



Dalam pengoprasian beban listrik terutama tidak heran lagi jika kedua komponen listrik berbeda pungsi dalam satu jalur kabel misalnya penggunaan saklar untuk menyalakan lampu dan stopkontak sebagai penyuplai arus ke alat perabotan rumah tangga seperti kipas angin, mesincuci, perangkat elektronika dan lain lain, 

Dengan menggunakan colokan / steker dari perangkat yang  dihubungkan  langsung dengan stopkontak tsb sehingga sering terjadi percikan bunga api  yang membahayakan jika terkena tangan basak maka akan nyetrom.

Untuk menjaga keselamatan saya akan saya akan mengunakan sakelar/pemutus untuk dimodifikasi sebagai pemutus stopkontak yang digunakan sebagai  penyalur beban listrik yang pemasangannya sederhana cukup mengalihkan 1 kabel arus balik dari sakelar ke stopkontak seperti gambar di atas pemasangan instalasi stopkontak dan saklar yang dipasang di luar dengan menggunakan pipa.

Dalam pekerjaan pemasangan saklar yang melayani stopkontak  cukup diputuskan pada sakelar saja dengan menggunakan kabel berukuran 2x2.5mm yang dihubungkan. 

Sebelum kita melakukan pekerjaan pemasangan kita rencanakan dahulu sbb :

A. alat dan bahan.

a. Alat

1.tangkombinasi
2.obengbungadanonengplus
3.pisaucarter
4.palu

b. Bahan :

1.kabel secukupnya
2. 1 sakelar tunggal
3. 1 stopkontak
4. Sekrup secukupnya
5.  Isolasi

B. Langkah kerja



1.

sebelum kita melakukan pekerjaan matikan arus listrik pada MCB utama


2. Lakukan pemasangan sakelar dengan memasang kabel warna hitam dan arus baliknya warna hitam ke jalur terminal stopkontak.


3. lakukan pemasangan stopkontak dengan memasukan kabel hitam dari sakelar pada terminal stopkontak


4. lakukan penyambungan kabel netral dari sumber utama ke stopkontak warna biru netral(N)


5. rapikan pemasangan sakelar dan stopkontak dengan mengunci menggunakan sekrup.


6. Setelah semua terpasang dengan rapi, lakukan penyalaan arus listrik dengan menaikan sekering dan gunakan sakelar sebagai pemutus dan penghubung arus listrik pada beban yang akan digunakan.

Hanya itu saja artikel yang bisa saya buat tentang memodifikasi penggunaan saklar untuk pemutus stopkontak,semoga teman teman pembaca dapat mempraktekannya dirumah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi