Cara pemasangan penangkal petir sederhana




Suatu bangunan yang menjulang tinggi sangat rentan terhadap listrik alam yang diakibatkan gesekan udara lembab dengan panas sehingga terjadi benturan yang menimbulkan listrik yang mencari sumber netral yaitu bumi dengan perantaraan pohon, rumah tingkat, areal lapangan sehingga banyak terjadi korban.untuk pengaman dari bahaya listrik alam atau petir dianjurkan untuk memasang anti  petir.

penangkal petir atau anti petir adalah perangkat yang terbuat dari bahan kuningan yang dicampur tembaga yang dipasang pada bumbungan bangunan  yang tinggi seperti menara atu tower pemancar dan rumah yang bertingkat. dengan tarikan kabel BC sebagai penghantar pembumian yang ditanam diareal tanah yang lembab dan berkadar garam berdasarkan ketentuan  tahanan pentanahan 5ohm.

Dalam pekerjaan pemasangan penangkal petir tidak terlalu sulit seperti memasang kabel lampu seri cukup membentangkan kabel BC yang diikat pada kaki ceka pada bumbungan atap yang ujungnya ditanam tetapi perlu ketelitian agar disaat terjadi kontak dengan petir tidak menimbulkan percikan api pada sekrup pengikat tombak maka perlu penerikan tidak kendor sedangkan untuk bagian bawah kabel BC ketanah harus dilapisi pipa pvc demi keamanan manusia.
Beberapa langkah pekerjaan pemasangan penangkal petir

A. Siapkan alat dan bahan

a. Alat
1. Alat pendeteksi tanah yaitu Merger
2. Kunci pas 1set
3. palu
4. obeng plus dan mines
5. gergaji potong

b. bahan
1.1 set tombak dan ceka.
2. kabel BC ukuran 50 mm
3. Pipa galpanis
4. Kleim pipa

B. Langkah kerja

a. Ukur kelembaban tanah dengan merger

b. Tancapkan elektroda kedalam tanah

c. Sambungkan kabel BC dengan ceka pada elektroda dan masukan kabelBC pada pipa yang dipaku dengan kleim naikan keatas bumbungan.

d. Dari bawah atap bangunan dipasang ceka atau tiang rel sampai ketitik tombak untuk dimasukan kedalam kelonsong tombak kunci dengan sekrup,seterusnya sampai ke ujung bumbungan bangunan tersebut.

e.Setelah semua terpasang rapikan dan kunci baut baut jangan sampai kendor.

untuk pekerjaa pemasangan penangkal petir yang perlu diperhaikan lihat kondisi cuacajangan sampai mendung dan ada petir serta kondisi tanah dengan kelembaban yang sesuai gunakan alat ukur dengan Merger ( Mega Ohm ) yang mengetahui tahanan pentanahan dan lakukan pekerjaan dengan tenang dan berdoa.

Hanya ini saja artikel yang saya jelaskan tentang cara pemasangan penangkal petir yang sederhana agar rekan rekan bisa memperaktekan dirumah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi