Cara mudah memperbaiki lampu yang berkedip




Pekerjaan pemasangan instalasi bertujuan menyajikan layanan penerangan ruangan itu agar aktifitas kegiatan suatu ruangan terlaksana dengan baik seperti ruang dapur,kamar,ruang tamu dll maka perlu pencahayaan yang cukup dengan dipasangnya lampu lampu penerangan.

Dalam kondisi kegiatan /aktifitas tidak menutup kemungkinan terjadii lampu tiba tiba berkedip yang mengganggu misalnya pada saat makan,saat dikamar mandi,saat belajar  tentunya kita akan terasa panik! apa yang harus kita lakukan disaat terjadi insiden mati mendadak saya akan menjelaskan cara memperbaiki lampu yang kadang menyala dan tidak.

A. Persiapkan alat dan bahan

Alat.
- tangkombinasi
- obeng bunga dan plus
- multitester
- tespen

Bahan
- 1 unit saklar
- 1 unit fiting
- lampu
- isolasi

B.  Langkah kerja :


1. Cek kondisi lampu





sebelum kita mengecek komponen yang lain kita periksa dulu kondisi lampu mungkin saja lampunya putus jika diliha dari bentuk kaca yang terlihat menghitam,namun jika tidak nampak tanda tanda lampu putus coba goyangkan lampu tsb jika terdengar bunyi seperti ada pasir itu juga pertanda bahwa lampu tsb rusak.

Untuk mengetahui lebih jelasnya pindahkan ke fiting yang lain kemungkinan tidak bermasalah,klo dipindahkan ke fiting yang bagus berati lampunya rusak 


2. Cek kondisi fiting lampu

Gbr 2. Kodisi lidah pada fiting

bagian fiting juga perlu dicek kemungkinan ada terminal yang berkarat dan kendor atau bisa jadi patah disaat tertekan mata obeng yang terlalu kuat.tidak menyentuh karena udah lama.

jika terjadi panas lampu yang berlebihan kondisi lidah akan memuai sehingga arus listrik tidak mengalir sempurna menyebabkan lampu sering putus selian itu juga terminal fiting sudah rusak atau ada kabel yang lepas. 


3. Cek kondisi saklar

kondisi sakelar juga berperan dalam pemutusan dan penyambungan arus listrik ,apabila sudah lama bisa juga pengaruh dari kotak tembaga  yang tidak normal lagi bahkan ada banyak bekas binatang seperti nyamuk,semut yang suka menempel pada rongga rongga sakelar terutama dibagian tuas yang tidak normal. 

Untuk itu perlu dibuka menggunakan obeng,cek bagian tuasnya lalu bersihkan dan cobak tekan tombol lampu ,klo terbukti lampu normal berarti pengaruh Saklarnya yang terlihat gambar bawah 





4. Cek kondisi kabel.

kanbel merupakan penghantar arus listrik yang menyuplai beban lampu dengan pemutus arus yaitu saklar,jika kabel udah usang /lama terutama pada kabel serabut atau kwalitas kabelnya kurang baik.sehingga kondisi isolasinya sudah tipis jika dites menggunakan tespen akan menyala kedua bagian inti tembaga. 

5. cek menggunakan Multitester


Multitester merupakan alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur tegangan dan mengetahui putus atau tidaknya kabel serta bisa juga mengetahui nyambung atau tidaknya  kontak saklar alat ini sangat pas untuk mengetahui kerusakan instalasi.

6. Cek menggunakan Tespen 


Tespen merupakan alat ukur  arus listrik dengan lampu diteksi pada tespen tsb jika di gunakan ada tidaknya arus listrik yang mengalir bisa dipakai pada saklar.

Setelah semua dicek dan di perbaiki nyalakan arus listrik dengan menghidupkan Sekring Mcb atau meteran kwh. apabila masih tidak menyala lakukan pengecekan pakai tespen atau multitester kemungkinan ada kabel yang putus.

Hanya ini saja artikel yang bisa saya buat tentang catra memperbaiki lampu rauangan yang mendadak mati , agar bisa dipraktekan dirumah sendiri


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi