Kapasitas pemakaian listrik 1 fase dengan 3 fase

Dalam penyuplaian arus listrik yang dihasilkan dari sumber energi pembangkit yaitu generator sebagai pembangkit arus listri baik 1 fase maupun 3 fase. 

penggunaan arus 1fase dan 3 fase sangat berbeda dalam hal pemakaian instalasi penerangan, penggunaan motor listrik artinya jumlah daya yang diperlukan di sesuaikan, maka dari pada itu perlu pemakai jenis panel  baik 1 fase dan 3 fase.

Disini saya akan menjelaskan perbedaan listrik 1 fase dengan 3 fase dalam penggunaan beban instalasi :

A. Listrik 1 fase

Listrik 1 fase adalah rangkaian arus listrik yang menggunakan 1 len arus dengan 1 netral berkafasitas tegangan 220 volt dengan daya pemakaian dibawah 5000 watt yang banyak dipakai untuk instalasi rumah dan kantor 

Listrik 1 fase penggunaannya terdiri dari motor 1fase contoh penggunaan AC, penggunaan kulkas,mesin cuci perangkat elektronika dan lain lain.

untuk penyaluran listrik 1fase dengan menggunakan panel sederhana yang biasa disebut sekering yang hanya melayani 2 group saja untuk instalasi penerangan dan stopkontak.

B. listrik 3 fase

Listrik 3 fase adalah listrik yang mengalir 3 len yang biasa disebut RST dengan 1 netral (N) dengan kafasitas tegangan 380 volt, dengan pemakaian beban yang banyak di pakai seperti instalasi tenaga, instalasi industri dan instalasi gedung

Selain itu juga banyak dipakai untuk menggerakan motor listrik 3 fase bisa digunakan secara otomatis yang mengubah sistim putaran dari delta ke segitiga bintang yang digunakan untuk penggerak lift,iskolator,pintu otomatis dan lain lain.

sistim 3 fase dalam penyaluran arus listrik banyak menggunakan box panel yang dilengkapi alat pengukur Arus, Tegangan, Selector Switch, pilot lamp dan lain lain serta banyak lagi kelengkapan dari pada panel 3fase tsb.

Hanya ini saja artikel yang bisa saya buat semoga teman teman pembaca dapat mengetahui perbandingan listrik 1 fase dengan listrik 3 fase yang sama pungsinya sebagai penyuplai arus listrik untuk kebutuhan sehari hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pemasangan kabel menggunakan kabel Duct pada instalasi Rumah

Cara memasang Kwh meter listrik yang lama.

Cara pemasangan sekering MCB 2 group untuk instalasi